Edukasi Pencegahan Penularan HIV/AIDS pada Remaja Karang Taruna di Desa Kerik

https://doi.org/10.47575/apma.v4i2.650

Authors

  • Yeni Utami STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Karina Nur Ramadhanintyas STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun

Keywords:

Pencegahan, Penularan, HIV/AIDS

Abstract

HIV/AIDS menjadi salah satu penyakit yang sangat membunuh dikalangan remaja. Hal tersebut dikarenakan perilaku seks bebas pada remaja dan penggunaan narkoba. Pergaulan bebas pada remaja menjadi resiko untuk tertular penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS karena remaja tidak memiliki pengetahuan yang benar tentang kesehatan reproduksi dan seks. Berdasarkan study pendahuluan pada 10 remaja karang taruna yang ada di desa Kerik didapatkan sebanyak 8 orang remaja karang taruna mengatakan bahwa mereka tidak tahu tentang penyakit HIV/AIDS dan dalam keluarga mereka tidak ada tempat berbagi dan bertanya tentang masalah yang mereka hadapi seperti tentang seks dan kesehatan reproduksi. Sedangkan 2 orang remaja karang taruna mengatakan bahwa mereka tahu sedikit tentang penyakit HIV/AIDS dari internet dan dari anggota keluarga tidak pernah menjelaskan tentang seks dan kesehatan reproduksi. Peningkatan pengetahuan kepada remaja dapat dilakukan dengan pemberian edukasi kesehatan tentang HIV/AIDS.

References

Arini, T., & Kasanah, A. Al. (2021). Peningkatan Pencegahan HIV AIDS Kepada Remaja Melalui Pelaksanaan Edukasi Melalui Metode Peer Education. Jurnal Bhakti Civitas Akamedika, IV(1), 8–14.

Kemenkes RI. (2017). Program Pengendalian HIV AIDS dan PIMS Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI. (2020). Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementerian Republik Indonesia : HIV. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Purnamawati, D. (2016). Pendidikan Kesehatan HIV dan AIDS Bagi Tenaga Kesehatan. STIKes Kharisma Karawang.

Sumakul, V. D. O., Lariwu, C. K., Langingi, A. R. C., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Tomohon, G. M. (2023). Pentingnya Pencegahan Penyakit HIV/AIDS Pada Remaja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MAPALUS, 1(2), 57-63.

Suraya, I., & Mardhiati, R. (2018). Edukasi HIV/AIDS Pada Remaja Siswa SMK. Jurnal Harian Regional : Buletin Udayana Mengabdi, 17(3).

Widiastuti, T. C., Handayani, E. W., Widiastuti, K. P., Wukirsari, L. S. (2022). Effort to Prevent HIV/AIDS Through Health Education to Increase Adolescent Knowledge in The Village of Pekuncen, Kebumen District. Proceeding of The 16th University Research Colloqium 2022Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. 1664-1669.

Published

2024-07-22

How to Cite

Utami, Y., & Ramadhanintyas, K. N. (2024). Edukasi Pencegahan Penularan HIV/AIDS pada Remaja Karang Taruna di Desa Kerik. APMa Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 81–86. https://doi.org/10.47575/apma.v4i2.650

Issue

Section

Articles