Pendampingan Ibu Hamil dalam Upaya Peningkatan Status Gizi dan Penurunan Anemia di Kelurahan Metesih Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun

https://doi.org/10.47575/apma.v1i1.228

Authors

  • Yeni Utami Program DIII Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Riska Ratnawati Program DIII Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Kholifa Dwi Wahyuningtyas Program DIII Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun

Abstract

Mortalitas maternal dan neonatal adalah penyebab utama mortalitas di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, dan keduanya bersamasama menyebabkan 2,5-3,4 juta kematian penduduk di negara berkembang, termasuk Indonesia. Sejumlah 40 persen kematian pada ibu hamil berhubungan dengan anemia. Di Indonesia, prevalensi anemia pada ibu hamil dan ibu nifas masih sangat tinggi, yakni 37,1 persen menurut data Riset Kesehatan Dasar. Di negara berkembang, satu dari dua ibu hamil diperkirakan anemia. Anemia menjadi masalah kesehatan berat (severe public health problem), jika prevalensinya lebih dari 40 persen dalam suatu wilayah. Anemia adalah keadaan yang ditandai dengan penurunan kadar hemoglobin, jumlah sel darah merah, dan gangguan dalam pemenuhan kebutuhan oksigen. Pada ibu hamil, keadaan anemia ditandai dengan rendahnya kadar Hb, yaitu kurang dari 11 g/dl. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang digunakan adalah pendampingan ibu hamil, pojok gizi, cek HB pada ibu hamil. Metode yang di gunakan adalah terjun langsung memberikan pelayanan pemeriksaaan HB, penyuluhan tentang gizi ibu hamil dan pendampingan pada ibu hamil. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini akan menghasilkan luaran berupa kesadaran ibu hamil untuk rutin melakukan periksa kehamilan dan cek HB secara berkala dan melakukan penyuluhan dan pendampingan pada ibu hamil.

References

Lozano R, Naghavi M, and Foreman K.Global and regional mortality from 235 causes of death for 20 age groups in 1990 and 2010: a systematic analysis for the global burden of disease study 2010. Lancet. 2010;15:2095-128.

World Health Organization. Iron deficiency anemia assessment, prevention, and control: a guide for programme managers.Geneva: World Health Organization (WHO), 2001.

Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI. Laporan riset kesehatan dasar tahun 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI,2013.

Stoltzfus RJ, and Michele LD. Guidelines for the use of iron supplements to prevent and treat iron deficiency anemia:International Nutritional Anemia Consultative Group. Washington DC: ILSI Press, 2001.

De Maeyer EM, Dallman P, Gurney JM, Hallberg L, Sood SK, and Srikantia SG. Preventing and controling iron deviciency anemia through primary health care: a guide and health administrators and programme managers. Geneva: World Health Organization (WHO), 1989.

Fatimah S, Hadju V, Bahar B, dan Abdullah Z. Pola konsumsi dan kadar hemoglobin pada ibu hamil di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Makara Kesehatan. 2011;15: 31-36.

Hidayah W, dan Anasari T. Hubungan kepatuhan ibu hamil mengonsumsi tablet Fe dengan kejadian anemia di Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Kebidanan 2012;3:1-13.

Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI. Laporan riset kesehatan dasar tahun 2010. Penelitian Gizi dan Makanan, Juni 2015 Vol. 38 (1): 71-78 Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI, 2010.

Broek N. Anaemia and micronutrient deficiencies: reducing maternal death and disability during pregnancy. Br Med Bull. 2003;67:149-160.

Friedman M. Keperawatan keluarga: teori dan praktek, edisi 3. Jakarta: EGC, 1998.

Departemen Kesehatan RI. Pedoman nasional penanggulangan tuberkulosis. Jakarta: Departemen Kesehatan. 2002

Lwanga SK, and Lameshow. Sample size determination in health studies: a practical manual. Geneva: World Health Organization (WHO), 1991.

Published

2021-09-01

How to Cite

Utami, Y., Ratnawati, R., & Wahyuningtyas, K. D. (2021). Pendampingan Ibu Hamil dalam Upaya Peningkatan Status Gizi dan Penurunan Anemia di Kelurahan Metesih Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. APMa Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–18. https://doi.org/10.47575/apma.v1i1.228

Issue

Section

Articles