Pengaruh Sistem Pendaftaran Online terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan

https://doi.org/10.47575/jpkm.v4i1.475

Authors

  • Heru Widianto STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Agustinus Kuswiadji STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Kartika Kartika STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun

Keywords:

Sistem Pendaftaran Online, Kepuasan Pasien

Abstract

Sistem informasi pendaftaran pasien adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mengelola informasi pendaftaran pasien secara terkomputerisasi. Sistem informasi pendaftaran pasien memungkinkan pasien untuk mendaftar secara cepat dan mudah tanpa harus mengantre atau datang langsung ke rumah sakit. Diketahui penggunaa sistem pendaftaran online lebih rendah dibandingkan dengan pendaftaran manual. Tujuan penilitian ini adalah mengetahui pengaruh sistem pendaftaran online terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD dr. Soedono Madiun. Metode penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah pengguna sistem pendaftran online pada bulan Januari, Februari dan Maret tahun 2022 sebanyak 286 pasien. Besar sampel yang digunakan dihitung dengan rumus slovin yakni 38 responden, yang ditentukan dengan Teknik simple random sampling. Hasil uji regresi linier sederhana didapat nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan variable sistem pendaftaran online berpengaruh signifikan antara variabel kepuasan pasien rawat jalan. Disarankan untuk dilakukan peningkatan kualitas dan pengembangan sistem pendaftaran online, dengan tujuan agar pendaftaran secara online lebih efektif dan efisien.

References

Afdoli, A., and Malau, H. (2019). Efektivitas Pelayanan Pendaftaran Online Rawat Jalan di Rsup M Djamil Kota Padang. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(1), 1–24.

Budi, S. C. (2011). Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Quantum Sinergis Media.

Chin W, Marcoulides G. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Formula Modeling. Advances in Hospitality and Leisure, 8(2), 5.

Doll, William J., and Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly.

Gunarto, M. (2018). Analisis Statistika dengan Model Persamaan Struktural (SEM). Alfabeta.

Nelson, R., Todd, P., and Wixom, B. (2005). Antecedents of Information and System Quality: An Empirical Examination within the Context of Data Warehousing. Journal of Management Information Systems, 21(4), 199–235. 10.1080/07421222.2005.11045823.

Nofiana, H., Sugiarsi, S. (2011). Hubungan Mutu Pelayan Pendaftaran dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit PKU Muhammadiah Karanganyar. Jurnal Kesehatan, 5(1), 90–106.

Saputro, W. (2015). Gambaran Mutu Pelayanan Petugas di Tempat Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Rsiy Pdhi Yogyakarta Windu Cahyo Saputro. Tugas Akhir. UGM.

Sorongan, E., Hilmansyah., and Hadiyanto. (2019). Pengaruh Variabel Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Model EUCS. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(1), 23–28. 10.29207/resti.v3i1.777.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R &D. Alfabeta.

Trimumpuni, E. (2010). Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan Terhadap Kepuasan Klien Rawat Inap Di RSU Puri Asih Salatiga. Tesis. UNDIP.

Published

2023-05-28

How to Cite

Widianto, H., Kuswiadji, A., & Kartika, K. (2023). Pengaruh Sistem Pendaftaran Online terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan. JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, 4(1), 67–74. https://doi.org/10.47575/jpkm.v4i1.475

Issue

Section

Articles