Hubungan Antara Sikap dan Sarana terhadap PHBS di Sekolah pada Siswa SMA

https://doi.org/10.47575/jpkm.v3i2.356

Authors

  • Farina Meidita Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Samarinda
  • Suprayitno Suprayitno Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Samarinda
  • Gusti Adi Nugraha Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Samarinda
  • Farah Mellenia Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Samarinda
  • Alia Rahmi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Samarinda
  • Akhmad Fakhri Fadhillah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Samarinda

Keywords:

Sikap, Sarana, PHBS di Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara sikap dan sarana terhadap PHBS di sekolah pada siswa SMA Negeri 2 Tenggarong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan Cross Sectional. Data diperoleh menggunakan pengisian kuesioner online (google form). Populasi penelitian adalah siswa kelas 10 dengan sampel penelitian sebanyak 188 orang yang diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Uji statistik dalam penelitian ini menggunakan uji Spearman. Didapatkan bahwa Responden yang memiliki sikap baik berjumlah 103 orang (54,8%), dan sikap kurang berjumlah 85 orang (45,2%). Responden yang memiliki sarana baik berjumlah 97 orang dengan persentase sebesar 51,6%, dan sarana kurang berjumlah 91 orang dengan persentase 48,4%. Responden yang PHBS baik di sekolah berjumlah 181 orang (96,3%), dan PHBS kurang baik di sekolah berjumlah 7 orang (3,7%). Setelah dilakukannya Uji Spearman didapatkan hasil nilai p-value sebesar 0.066 atau p > 0.05 yang artinya dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara sikap dan sarana terhadap PHBS di sekolah pada siswa SMA Negeri 2 Tenggarong. Agar para siswa untuk bersikap menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari dan pihak sekolah melakukan pendidikan kesehatan pada siswa tentang PHBS sekolah.

References

Chrisnawati, Y., & Suryani, D. (2020). Hubungan Sikap, Pola Asuh Keluarga, Peran Orang Tua, Peran Guru dan Ketersediaan Sarana dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(2), 1101–1110. doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.484.

Christine, T., & Rivami, D. S. (2021). Knowledge, Attitude and Behavior of Methodist 2 Palembang High School Student towards Clean and Healthy Lifestyle (PHBS). Medicinus : Jurnal Kedokteran, 9(3), 116-124.

Kemenkes. (2016). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://promkes.kemkes.go.id/phbs.

Kemenkes. (2021). Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Data Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://promkes.kemkes.go.id/gerakan-perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-dalam-data-riset-kesehatan-dasar.

Dinkes Kukar. (2018). Profil Kesehatan Kutai 2018. Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara.

Ningsih, D. Y. (2014). Hubungan Kondisi Lingkungan Sekolah dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) Pada Siswa SMA Negeri di Kota Sanggau Tahun 2014. Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura, 1(1), 1–16.

Patimah, Busyaeri, A., & Fathia, N. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sarana Prasarana Belajar oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V MI Puloerang Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis. Al Ibtida, 3(2), 1-13.

Raharjo, A. S., & Indarjo, S. (2014). Hubungan antara Pengetahuan, Sikap, dan Ketersediaan Fasilitas di Sekolah dalam Penerapan PHBS Membuang Sampah pada Tempatnya. Unnes Journal of Public Health, 3(1), 1–10.

Rahman, F., Laily, N., Wulandari, A., Yulidasari, F., & Rosadi, D. (2017). Relationship Between Knowledge and Attitude of Students With Implementation Clean and Healthy Life Behavior (Phbs) Order of Schools. International Journal of Advanced Research, 5(4), 1205–1209. doi.org/10.21474/ijar01/3936.

Sarayati, S. (2016). Analisis Faktor Perilaku Seksual pada Anak SD di SDN Dukuh Kupang II - 489 Kecamatan Dukuh Pakis Kelurahan Dukuh Kupang Surabaya. ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga, 11–76.

Sciences, H. (2016). Metode Penelitian.

Sunarti, S. (2019). Pengaruh Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Seimbang pada Siswa Kelas V di SDN 016 Samarinda Seberang. Borneo Student Research (BSR), 1(1), 284–289.

Sunarti, S. (2021). Hubungan Kemudahan Akses Produk Rokok Elektrik dengan Perilaku Penggunaan Rokok Elektrik di Era New Normal pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UMKT. An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 121-124. doi.org/10.31602/ann.v8i2.5591.

Suryani, D., Maretalinia, Suyitno, Yuliansyah, E., Damayanti, R., Yulianto, A., & Rini Oktina, B. (2020). The Clean and Healthy Life Behavior (PHBS) Among Elementary School Student in East Kuripan, West Nusa Tenggara Province. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(01), 10–22. doi.org/10.26553/jikm.2020.11.1.10-22.

Suryani, L. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (Phbs) Siswa/I Sekolah Dasar Negeri 37 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 1(2), 17–28.

Published

2022-11-29

How to Cite

Meidita, F., Suprayitno, S., Nugraha, G. A., Mellenia, F., Rahmi, A., & Fadhillah, A. F. (2022). Hubungan Antara Sikap dan Sarana terhadap PHBS di Sekolah pada Siswa SMA. JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, 3(2), 171–176. https://doi.org/10.47575/jpkm.v3i2.356

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)