Dampak Pandemi Covid-19 pada Pendidikan dan Psikologis Remaja
Keywords:
Pengetahuan, Kecemasan, Stress, Motivasi Belajar, RemajaAbstract
Berdasarkan asil wawancara, 78% siswa SMK Negri 20 Samarinda mengalami kecemasan, stress, kurang pengetahuan dan penurunan motivasi belajar selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan, kecemasan, tingkat stress, dan motivasi belajar terhadap kejadian Covid-19 pada remaja di SMK Negeri 20 Samarinda. Metode Penelitian menggunakan desain cross sectional. Analisis data yang digunakan adalah Chi-Square dan fisher exact. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMKN 20 Samarinda, sampel berjumlah 87 orang. Berdasarkan uji Chi-Square, nilai P-value = 0,041 (P-value < 0,05) ada hubungan pengetahuan dengan kecemasan dan (P- value 0.026<0.05) ada hubungan tingkat pengetahuan dengan tingkat stress. Hasil uji fisher exact, (P-value 0.005<0.05) ada hubungan antara kecemasan dengan motivasi belajar dan (P-value 0.096 < 0.05) ada hubungan antara tingkat stress dengan tingkat motivasi belajar. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara pengentahuan dengan stress dan kecemasan, serta terdapat hubungan antara stress dan kecemasan dengan motivasi belajar. Agar menjadi perhatian bagi pihak sekolah untuk memperhatikan adanya penyebab risiko kesehatan mental siswa di sekolah.References
Andiarna, F. and Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139–150.
Anshari, S. N. and Suprayitno, S. (2019). Hubungan Stres dengan Kejadian Gastritis pada Kelompok Usia 20-45 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Bengkuring Kota Samarinda Tahun 2019. Borneo Student Research (BSR), 1(1), 140–145.
Aviantika, D. and Rapingah, S. (2021). Covid-19 pada Mahasiswa FIKES UIA Tahun 2021. Jurnal Afiat Kesehatan dan Anak, 7(2), 69–80.
Cahyani, A., Listiana, I. D. and Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140.
Hasanah, U., Ludiana., Immawati., Livana, PH. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306.
Hutagalung, A. B. Y. and Siagian, E. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Covid-19 terhadap Kecemasan Mahasiswa Keperawatan yang Praktik di Rumah Sakit. Nutrix Journal, 5(2), pp. 35–47.
Kustiaverawati, N. N. and Fitriani, N. (2021). Hubungan Cemas dengan Motivasi Belajar dan Resiliensi Diri pada Remaja Sekolah Menengah Atas Kelas X di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. UMS.
Lemeshow, S. & David W. (1997). Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. (terjemahan), Gadjah Mada University Press
Manurung, E., & Siagian, N. (2021). Hubungan Pengetahuan dengan Kecemasan Siswa SMA Swasta Advent Pematang Siantar terhadap Pandemi Covid-19. Nursing Inside Community, 3(1), 8-14
Rahardiantini, I., and Sina, C. I. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Kecemasan Siswa Saat Vaksinasi Covid-19 Tingkat Stres. Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(2), 69–73.
Suwandi, G. R., and Malinti, E. (2020).Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan terhadap Covid-19 pada Remaja di SMA Advent Balikpapan. MANUJU: Malahayati Nursing Journal, 2(4), 677–685.