Penyuluhan Pencegahan Hipertensi Berbasis Diagnosis Komunitas di Padukuhan Cabeyan, Sewon, Kabupaten Bantul

https://doi.org/10.47575/apma.v3i2.419

Authors

  • Solikhah Solikhah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan
  • Dian Kurniawan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

Diagnosis Komunitas, Penyakit Tidak Menular, Hipertensi, Tekanan Darah

Abstract

Hipertensi masih menjadi masalah kesehatan masyarakat termasuk di Padukuhan Cabeyan. Pola hidup yang tidak sehat menjadi faktor dominan tercetusnya hipertensi. Oleh karena itu pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan mengedukasi masyarakat tentang pola hidup sehat agar terhindar dari hipertens.  Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ada tiga tahapan yaitu tahap menemukan prioritas masalah dan memutuskan solusi permasalahan. Tahap kedua denga intervensi dan tahap keakhir dengan evaluasi dari intervensi yang dilakukan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada tanggal 6 Maret 2022, 11 Juni dan 14 Juni 2022 di rumah Kepala Dukun Cabeyan yang dihadiri sejumlah 32 orang.  Pelaksanaan kegiatan berupa focus group of discussion untuk penentuan prioritas dan solusi program kegiatan dukuh. Penyuluhan hipertensi dialkukan atas kesepakatan seluruh warga. Evaluasi program kegiatan dengan menyebarkan pre dan post test kusioner, dimana ada peningkatan skor pemahaman tentang hipertensi pada warga pedukuhan sebesar 15,6. Hal ini menunjukkan angka yang sudah cukup baik. Dari hasil kegiatan tersebut bisa dilihat dari hasil post test yang dilaksanakan bahwa warga lebih mengerti dan mengetahui terkait penyakit hipertensi mulai dari definisi hingga pencegahannya. Gaya hidup sehat perlu digalaknya dan dipromosikan melalui berbagai cara, supaya masyarakat terhindar dari hipertensi.

Author Biography

Dian Kurniawan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan

References

Amisi, W. G., Nelwan, J. E. & Kolibu, F. K. (2018). Hubungan antara Hipertensi dengan Kejadian Penyakit Jantung Koroner pada Pasien yang Berobat di Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 7(4), 1–7.

DINKES DIY. (2020). Profil Kesehatan DIY Tahun 2020. Dinas Kesehatan DIY.

Firmansyah, A., Jahidin, A. & Najamuddin, N. I. (2019). Efektivitas Penyuluhan dengan Menggunakan Media Leaflet dan Video Bahasa Daerah Terhadap Pengetahuan Bahaya Rokok Pada Remaja. Bina Generasi : Jurnal Kesehatan, 11(1), 80–86.

Istichomah, I. (2020). Penyuluhan Kesehatan Tentang Hipertensi Pada Lansia di Dukuh Turi, Bambanglipuro, Bantul. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (JPHI), 2(1), 24–29.

Jabani, A.S., Kusnan, A. & Cristian, M. (2021). Prevalensi dan Faktor Risiko Hipertensi Derajat 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Poasia Kota Kendari. Nursing Update, 12(4), 31–42.

Patimah, R. (2019). Upaya BPJS-Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Melalui Pelayanan Promotif dan Preventif di Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara. eJournal Ilmu Pemerintahan, 7(9).

Purwono, J., Sari, R., Ratnasari, A. & Budianto, A. (2020). Pola Konsumsi Garam dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia. Jurnal Wacana Kesehatan, 5(1), 531–542.

Rahajeng, E. & Tuminah, S. (2009). Prevalensi Hipertensi dan Determinannya di Indonesia. Maj Kedokt Indon, 59(12), 580–587.

Sholihah, A., Handayani, A.R., Igamaliga, Alamsyah, S. & Sakinah, S. (2022). Efektivitas Program Germas Dalam Peningkatan Status Kesehatan Masyarakat Melalui Sosialisasi Germas. Jurnal Pustaka Keperawatan (Pusat Akses kajian Keperawatan), 1(2), 5–8.

Solikhah, S., Haifa, A., & Fauzi, E. R. (2023). Edukasi tentang Penyakit Hipertensi Sebagai Salah Satu Cara untuk Mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(1), 81–88.

Syakurah, R. A., & Moudy, J. (2022). Diagnosis Komunitas dengan Pendekatan Proceed-Precede Pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik. Jambi Medical Journal Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 10(1), 1–19.

Tirtasari, S., & Kodim, N. (2019). Prevalensi dan Karakteristik Hipertensi pada Usia Dewasa Muda di Indonesia. Tarumanagara Medical Journal, 1(2), 395–402.

Published

2023-08-02

How to Cite

Solikhah, S., & Kurniawan, D. (2023). Penyuluhan Pencegahan Hipertensi Berbasis Diagnosis Komunitas di Padukuhan Cabeyan, Sewon, Kabupaten Bantul. APMa Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 113–119. https://doi.org/10.47575/apma.v3i2.419

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.