Hubungan Pengetahuan, Peran, dan Status Ekonomi Terhadap Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Novi Paramitasari STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Riska Ratnawati STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Endri Ekayamti DIII Keperawatan, Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.47575/jpkm.v6i1.698

Keywords:

Peran, Perkembangan Anak, Status Ekonomi, Tingkat Pengetahuan

Abstract

Usia prasekolah (4-5 tahun) merupakan masa emas bagi anak, karena pada usia tersebut anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cepat baik secara fisik dan psikis sehingga perlu pendampingan yang baik dari orang tua. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara tingkat pengetahuan, peran dan status ekonomi terhadap perkembangan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan desain Cross Sectional dan jumlah sampel sebanyak 40, teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Pengolahan data menggunakan SPSS 25 dengan menggunakan uji Spearmank Rank. Hasil uji statistic menunjukan adanya hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua terhadap perkembangan anak usia 4-5 tahun (p value 0,000 = < 0,05), adanya pengaruh antara peran orang tua terhadap perkembangan anak usia 4-5 tahun (p value 0,001= < 0,05) dan tidak ada hubungan antara status ekonomi orang tua terhadap perkembangan anak usia 4-5 tahun (p value 0,126 = > 0,05). Tingkat pengetahuan dan peran orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan anak. Karena hal ini berkaitan dengan stimulasi yang diberikan guna menunjang perkembangan anak.

References

Ahmad, F. (2013). Hubungan Status Gizi Dengan Tingkat Sosial Ekonomi Orang tua/Wali Murid Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar Negeri 3 Jatiluhur Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Armina, T. Y. F. 2022. Upaya Deteksi Dini Perkembangan Anak Berdasarkan Pengetahuan Orang tua. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(2), 55- 64.

Atika, A. N., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 111-120. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1601.

Carolin. (2020). Hubungan Stimulasi Dengan Perkembangan di Tanggerang. Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 6(1), 1-8.

Efendi, D. I. (2015). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Didaktika. 13(3), 11-18.

Fenti, H. (2020). Metodologi Penelitian. Depok : Rajawali Pers.

Fundriaka, B. A. (2023). 30 % Anak Indonesia Alami Lambat Tumbuh Kembang, Orang Tua Harus Lakukan Ini. suara.com.

Harahap, N. R. 2019. Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Stimulasi Tumbuh Kembang Motorik Halus Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Pante Raya Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah Tahun 2018. Jurnal Midwifery Update (MU), 1(1), 37.https://doi.org/10.32807/jmu.v1i1.39

Prastiwi, M. (2019). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 242-249. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162.

Indriana, N. P. R. K. (2022). Hubungan Umur, Pekerjaan, Pendidikan dan Pendapatan terhadap Perilaku Orang Tua dalam Pemantauan Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-1 Tahun pada Masa Pandemi Covid-19. Malahayati Nursing Journal, 4(8), 2097-2107. https://doi.org/10.33024/mnj.v4i8.716.

Kemenkes RI. (2017). Pedoman dan Standar Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional. Kementerian Kesehatan RI.

Rosidah, L. K., & Harsiwi, S. (2019). Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Balita Usia 1-3 Tahun (Di PosyandumJaan Desa Jaan Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk). Jurnal Kebidanan. 6(1), 24-37.

Kuntum, K. (2015). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan Anak Usia Balita di Puskesmas Pengambiran Kota Padang Tahun 2015. Karya Tulis Ilmiah. DIII Keperawatan. Polteknik Kesehatan Kemenkes Padang, Padang.

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. [e-book]. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

Maghdalena, A. A. (2021). Pengaruh Pemberian Stimulasi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Karya Tulis Ilmiah. DIII Keperawatan. Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman, Samarinda.

Mansur, A. R. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Pra Sekolah. Edisi 1. Andalas University Press

Meilawati, E. N. (2017). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Bermain Anak Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-5 Tahun Di Paud Al falah Desa Bibrik Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Skripsi. Keperawatan. Universitas Bhakti Husada Mulia, Madiun.

Noflidaputri, R., & Herwindi, R. (2020). Hubungan Status Gizi Dan Ekonomi Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 2 Sampai 3 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Lima Kaum 1. J-HESTECH (Journal Of Health Educational Science And Technology), 3(2), 95-104. https://doi.org/10.25139/htc.v3i2.2892

Nur, A., & Malli, R. (2022). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Islamic Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(1), 83-97.

Pramanda, A. I. (2023). Hubungan Pengetahuan Orangtua Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Permata Bunda Kecamatan Genneg Kabupaten Ngawi. Jurnal Buana Of Nursing, 1(1), 26-31.

Rahmi, N., dan Husna, A. 2016. Hubungan Status Ekonomi Keluarga dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Prasekolah di Taman Kanak- Kanak Bijeeh Mata Pagar Air Aceh Besar. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 2(1),110-115.

Ratina, M., Yanti, N. H. (2020). Buku Panduan Stimulasi Dan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia (0-6) Tahun.[e-book]. Edu Publisher.

Prianto, V. R. (2017). Hubungan Peran Ibu Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Skripsi. Program Studi Keperawatan, STIKES INSAN CENDEKIA MEDIKA, Jombang.

Rohmawati, I. (2016). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Balita. Edisi 1. Yayasan Puruhita Husada.

Sundayana, I. M., Aryawan, K. Y., Fransisca, P. C., Astriani, Ni M. (2020). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah 4-5 Tahun dengan Kegiatan Montase. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), 446-455. https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1052.

Wulaningtyas, E. S., Yanti, E. S., dan Mulazimah. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia Balita di TK Dharma Wanita Desa Ringinsari Kediri. JURNAL EDUNursing, 6(1), 45–50.

Yunita, K. S., dan Afrinaldi, A. (2022). Peran Orang Tua Mendidik Anak Usia Dini di Jorong Sungai Kalang 2 Tiumang Dharmasraya. JOBIKOPS : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(1),66-72.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Paramitasari, N., Ratnawati, R., & Ekayamti, E. (2025). Hubungan Pengetahuan, Peran, dan Status Ekonomi Terhadap Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun. JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.47575/jpkm.v6i1.698

Issue

Section

Articles