Penilaian Kinerja Dokter RS Medika Utama Blitar Berdasarkan 6 Kompetensi Umum Dokter

https://doi.org/10.47575/jpkm.v4i2.506

Authors

  • Gerardin Ranind Kirana Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
  • Reny Nugraheny Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri

Keywords:

Penilaian Kinerja, Manajemen SDM, Dokter, Rumah Sakit

Abstract

Penilaian kinerja dokter merupakan faktor penting dalam rumah sakit karena menjadi acuan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kinerja dokter RS Medika Utama Kabupaten Blitar berdasarkan 6 Kompetensi Umum Dokter. Penelitian yang dilaksanakan pada Rabu, 29 Maret 2023 hingga Minggu, 2 April 2023 ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh dokter baik Dokter Umum, Dokter Gigi dan Dokter Spesialis di Rumah Sakit Medika Utama Kabupaten Blitar yang berjumlah 30 dokter. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner berjumlah 11 pertanyaan, kemudian hasilnya akan dianalisis dengan teknik analisis data univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja dokter di RS Medika Utama Blitar sudah dalam kategori baik. Namun, jika dilihat berdasarkan setiap aspek, masih ada beberapa kekurangan, yaitu terdapat 3,3% dokter menyatakan bahwa pengetahuan medis/klinis yang kurang, serta keterampilan interpersonal dan komunikasi baik terhadap tenaga medis lain maupun keluarga pasien yang masih kurang. Diadakannya pelatihan dan pendidikan yang memadai tentang etika dan praktik medis yang benar, serta mengenai keterampilan interpersonal dan komunikasi kepada dokter, diharapkan dapat meng-update ilmu para dokter terhadap ilmu medis/klinis terbaru dan memenuhi standar etika yang ditetapkan oleh rumah sakit.

Author Biography

Gerardin Ranind Kirana, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri

kesehatan masyarakat

References

Al, S. et (2016) ‘Analisis Standar Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang’, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1), pp. 1–23.

Budianto, Vitria, A. and Yulianti, F. (2020) PERANAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN CV. MITRA JAYA BERSAMA BANJARBARU. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Available at: https://www.studocu.com/id/document/universitas-terbuka/manajemen-pelayanan-umum/jrunal-2-jurnal/37360245.

Gobel, Y., Wahidin, W. and Muttaqin, M. (2018) ‘Kualitas Pelayanan Kesehatan Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar’, Jurnal Administrasi Negara, 24(3), pp. 177–188. doi: 10.33509/jan.v24i3.420.

Husni, M. (2018) ‘Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Motivasi Terhadap Kepatuhan Dokter dalam Penulisan Diagnosis pada Resume Medis di RS Zahirah 2018’, Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 4(3), pp. 184–197. doi: 10.7454/arsi.v4i3.2623.

Karma, M. et al. (2019) ‘Analisis Ketidaklengkapan Rekam Medis Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Dharma Kerti Tabanan’, Jurnal ARSI, 6(1), pp. 11–20.

Kepmenkes RI (2022) ‘Standar Akreditasi Rumah Sakit Berdasarkan KMK 1128’, Keputusan Menteri Kesehatan, pp. 1–342.

Nurhaidah, Harijanto, T. and Djauhari, T. (2016) ‘Faktor-Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Pengisian Rekam Medis Rawat Inap di Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang Factors Affecting Incomplete Inpatient Medical Record Completion at Muhammadiyah University Hospital Malang’, Jurnal Kedokteran Brawijaya, 29(3), pp. 258–264.

Oisina, I. V. and Osidhi, I. R. V. (2018) ‘Korelasi Komunikasi Interpersonal Efektif & Kualitas Layanan Tim Medis terhadap Kepuasan Pasien’, Jurnal Komunikasi Islam, 8(1), pp. 129–154. doi: 10.15642/jki.2018.8.1.129-154.

Robinson, D., Perryman, S. and Hayday, S. (2016) The Drivers of Employee Engagement. Available at: https://www.employment-studies.co.uk/system/files/resources/files/408.pdf.

Rusdianawati, I. et al. (2021) ‘Evaluasi Kepatuhan Asesmen Awal Medis dan Keperawatan’, Journal of Hospital Accreditation, 03(1), pp. 27–33.

Safitri, D. M. et al. (2022) ‘Tinjauan Kelengkapan Pengisian Formulir Assesment Awal Poli Klinik Pasien Rawat Jalan Menggunakan Metode IAR’, Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(4), pp. 469–476. doi: 10.36418/cerdika.v2i4.371.

Septiadi, H., Wahidi, K. R. and Anindita, R. (2020) ‘Kinerja Perawat dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien di Bagian Rawat Inap Rumah Sakit Seto Hasbadi’, Journal of Hospital Management, 3(1), pp. 335–343.

Setyorini, T. (2016) ‘Pengembangan Model Instrumen Penilaian Kinerja Dokter Spesialis Obsgyn Melalui Analisis Kinerja di Rumah Sehat Ibu Dan Anak Budi Kemuliaan The Model Development of a Performance Appraisal’s Instrument to Measure Obstetrician and Gynecologist Through Perfo’, Jurnal ARSI, 2(2), pp. 162–171.

Susan, E. (2019) ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’, Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), pp. 952–962.

Wardhani, A. I., Soedarsono, D. K. and Esfandari, A. (2016) ‘Soeharso Surakarta Interpersonal Communication Effectiveness of Doctor-Patient Communication Activity in Free Consultation Prof. Dr. R. Soeharso Orthopedic Hospital Surakarta’, Jurnal Biomedika, 8(2), pp. 13–19. Available at: https://journals.ums.ac.id/index.php/biomedika/article/view/2911.

Zahroti, E. N. and Chalidyanto, D. (2018) ‘PENDEKATAN PDSA UNTUK PERBAIKAN PROSES PADA DI RUMAH SAKIT PDSA Method for Process Improvement on Indicators of’, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), pp. 111–121. doi: 10.20473/jaki.v6i2.2018.111-121.

Published

2023-10-30

How to Cite

Kirana, G. R., & Nugraheny, R. (2023). Penilaian Kinerja Dokter RS Medika Utama Blitar Berdasarkan 6 Kompetensi Umum Dokter. JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, 4(2), 103–111. https://doi.org/10.47575/jpkm.v4i2.506

Issue

Section

Articles