Peningkatan Pemahaman Masyarakat melalui Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional

https://doi.org/10.47575/apma.v3i1.376

Authors

  • Totok Sundoro STIKes Surya Global Yogyakarta
  • Nida Tsaqila STIKes Surya Global Yogyakarta
  • Faris Ulin Nuha STIKes Surya Global Yogyakarta

Keywords:

Program Jaminan Kesehatan Nasional, Peningkatan Pemahaman

Abstract

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan jaminan berupa perlindungan kesehatan agar masyarakat memperoleh manfaat perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Pemerintah telah menetapkan Program JKN dengan mewajibkan seluruh Warga Negara Indonesia untuk ikut dan sekaligus memahami pelaksanaan atau cara akses pelayanan dalam program JKN. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menambah pengetahuan masyarakat terkait Jaminan Kesehatan Nasional pada Warga Dusun Mojosari Wololelo Pleret Bantul. Metode yang digunakan dengan dua cara meliputi ceramah, diskusi atau tanya jawab dengan materi tentang BPJS Kesehatan, Iuran Jaminan Kesehatan Nasional, manfaat Jaminan Kesehatan Nasional serta prosedur pelayanannya. Dampak positif dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan adanya peningkatan pengetahuan dan informasi yang benar membuat masyarakat paham, yakin dan berminat untuk mengikut program JKN dengan menjadi peserta dan mengikuti prosedur pelayanan sesuai peraturan perundang-undangan.

References

BPJS Kesehatan. (2004). Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Pemerintah RI.

Kemenkes R.I. (2014). Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mulyadi, M. (2014). Sosialisasi Ketentuan Jaminan Sosial 2014. VI (02), 9–12.

Putrawan. dkk, A. (2016). Studi Kualitatif Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Kesehatan di Kecamatan Tinaggea Kabupaten Konawe Selatan. https://media.neliti.com/media/publications/185421-ID-studi-kualitatif-pelaksanaan-jaminan-kes.pdf.

Rusady, M. A. (2016). Kebijakan Pelayanan dan Pembayaran dalam Program JKN. Jakarta, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. April. http://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/rakerkesnas_gel2_2016/Kepala BPJS.pdf.

Triyono., & Soewartoyo. (2013). Kendala Kepesertaan Program Jaminan Sosial terhadap Pekerja di Sektor Informal: Studi Kasus di Kota Surabaya. Jurnal Hukum PRIORIS, 3(3), 26–41.

Wibowo, B. (2014). Implementasi Program Kebijakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dalam Meningkatkan Jaminan Kesehatan Nasional.

Published

2023-01-29

How to Cite

Sundoro, T., Tsaqila, N., & Nuha, F. U. (2023). Peningkatan Pemahaman Masyarakat melalui Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional. APMa Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 33–39. https://doi.org/10.47575/apma.v3i1.376

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.