Pengembangan Lagu Daerah Khas Kaltim Indung-Indung sebagai Media Pengenalan Bagian Tubuh Pribadi Anak

https://doi.org/10.47575/jpkm.v5i1.545

Authors

  • Dwi Astri Andriani Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Risma Ramadhani Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Aisyah Amalia Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nurjanah Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Hendi Wardana Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rusni Masnina Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Media edukasi lagu, Pengenalan anggota tubuh pribadi, Pendidikan anak usia dini (PAUD), Pelecehan seksual anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman anak PAUD tentang anggota tubuh pribadi melalui media edukasi lagu. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan yaitu pengembangan kearifan budaya lokal lagu daerah khas Kaltim dan penelitian uji efektifitas media lagu terhadap pemahaman anggota tubuh pribadi pada anak PAUD dilaksanakan di TK ABA 14 dengan pendekatan studi kasus one-group pre-test post-test design. Sampel penelitian berjumlah 22 responden anak PAUD rentang usia 5-6 tahun. penelitian diperoleh nilai pretest pemahaman anggota tubuh sebesar 48,8636 dan setelah diberi perlakuan edukasi dengan media lagu pengenalan anggota tubuh pribadi didapatkan nilai postest 94,0341. Adanya pengaplikasian lagu membuat anak lebih semangat belajar dan lagu sebagai bahasa membuat kemampuan pemahaman linguistik anak berkembang efektif lebih memahami pesan yang disampaikan. Hasil uji wilcoxon diperoleh nilai p < α (0,000<0,05), maka dapat dinyatakan bahwa adanya pengaruh media edukasi lagu terhadap pengenalan anggota tubuh pribadi pada anak PAUD.

References

Apriana, R. (2009). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang

Astuti, S. W. (2017). Pendidikan Seks pada Anak Taman Kanak-kanak Melalui Metode Permainan Ular Tangga “Aku Anak Berani” (Studi Deskripsi Komunikasi Interpersonal Anak dalam Bermain Ular Tangga “Aku Anak Berani”). Promedia, 3(2), 236–251.

Azizah, A. N., dan Nugraheni, A. S. (2020). Lagu Sebagai Media Pembelajaran Fonologi Pada Siswa MI Muhammadiyah Trukan. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1), 52-59. https://doi.org/10.24036/81090150.

Diskominfo Kaltim. (2022) Data Simponi PPA 2021, Terdata 513 Orang Korban Kekerasan. Dinas Komunikasi dan Informasi Kalimantan Timur.

Kurniawati, R. A., Wahyuningsih, S., and Pudyaningtyas, A.R. (2020). Penerapan Pendidikan Seksualitas Melalui Media Lagu Pada Anak Usia 5-6 Tahun Guna Meningkatkan Pengetahuan Seksualitas. Kumara Cendekia, 8(3), 242-252. https://doi.org/10.20961/kc.v8i3.42740.

Mastur, M., Pasamai, S. and Agis, A. (2020).Perlindungan Hukum Terhadap Anak Korban Kekerasan Seksual’, Journal of Lex Philosophy (JLP), 1(2), 137–150. https://doi.org/10.52103/jlp.v1i2.213.

Nofiana, N., and Tasu’ah, N. (2020). Early Childhood Education Papers Knowledge of Children Sex Education Ages 5-6 Years. BELIA: Early Childhood Education Papers, 9(1), 27–33.

Rahayu, F. E. S., and Pratama, Z.W. (2019) ‘Minat Dan Pengetahuan Anak Pada Lagu Daerah Kalimantan. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Seni (Sesanti), 498–508.

Rakhmawati, E., Hadjam, N. R., Aditya, D. P., Yunita, A. R. (2021). Roles of Family in Introducing Early Sexual Education to Children. Proceedings of the International Conference on Psychological Studies, (Icpsyche 2020), 290–296. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210423.042.

Pamuji, N. S., Sodikin. (2020). Hubungan Jenis Kelamin, Usia, dan Urutan Kelahiran dengan Kemampuan Mengkombinasikan Warna Menggunakan Media Finger Painting. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, (September), 333–338.

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92-105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35.

Tang, L. F., Arshat, Z., and Juhari, R. (2020).Sex Differences in Intellectual Ability Among Preschool Children in Putrajaya. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 5(34), 40-59. https://doi.org/10.35631/ijepc.534004.

Hinga, T. I. A. (2019). Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Edukasi Kesehatan Reproduksi Berbasis Media Pada Murid Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 83-98. https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.395.

Published

2024-05-10

How to Cite

Astri Andriani, D., Ramadhani, R., Amalia, A., Nurjanah, Wardana, H., & Masnina, R. (2024). Pengembangan Lagu Daerah Khas Kaltim Indung-Indung sebagai Media Pengenalan Bagian Tubuh Pribadi Anak. JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, 5(1), 11–18. https://doi.org/10.47575/jpkm.v5i1.545

Issue

Section

Articles