Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Pra Sekolah
Keywords:
Gadget, Perkembangan Anak, Kemampuan Bicara, Peran Orang TuaAbstract
Masa kanak-kanak adalah masa emas dari aspek pertumbuhan dan perkembangan anak. Penggunaan gadget secara terus menerus dapat memberikan dampak negatif bagi perkembangan anak terutama yang berada pada usia pra sekolah, salah satunya adalah perkembangan kemampuan bicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan kemampuan berbicara pada anak usia pra sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik korelasional dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel 73 responden. Hasil penelitian menujukkan Ada hubungan faktor lingkungan terhadap perkembangan kemampuan berbicara pada anak (p=0,011). Peran aktif orang tua dan guru pada tahap perkembangan anak diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bicara pada anak.References
Wulandari, A. (2016). Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja dan Implikasinya Terhadap Masalah Kesehatan dan Keperawatannya. Jurnal Anak dan Keperawatan, 2(1), 39-43.
Anggraeni, H., alma, O. W., & Tosepu, R. (2021). Pengaruh Program Bina Keluarga Balita (BKB) Terhadap Tumbuh Kembang Anak Di Kecamatan Poleang Pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL ILMIAH OBSGIN : Jurnal Ilmiah Ilmu Kebidanan & Kandungan, 13(3), 70-78. https://doi.org/10.36089/job.v13i3.484.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Edisi Revi). PT. Rineka Cipta.
Ariyanti, T. (2020). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 50-58.
Chusna, P. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330
Fatmawati. (2016). Peran Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Islam Bagi Remaja. Risalah, 27(1), 17–31.
Fernando, F., Etriyanti, E., & Pebrina, M. (2019). Hubungan Stimulasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bicara Dan Bahasa Anak Usia Batita. JIK- JURNAL ILMU KESEHATAN, 3(2), 140-145. https://doi.org/10.33757/jik.v3i2.144.
Sulastri., Rini, S. (2022). Hubungan Jenis Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Di Kecamatan Weleri. Jurnal Surya Muda 4(2), 118–132.
Hesti, M., & Atika, R. G. (2019). Role Playing Methods To Improve Children ’ s Oral Language Skills. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(2019). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v7i4.109257.
Miharja, E., & Fitrianti, D. (2019). Gambaran Tingkat Kecemasan Orangtua Terhadap Dampak Negatif Gadget pada Anak Usia 6-12 Tahun di Kelurahan Harapan Baru Samarinda. Jurnal Kesehatan Pasak Bumi Kalimantan. 2(2), 103-110.
Oktafia, D., Triana, N., & Suryani, R. (2021). Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah: Literatur Review. Borneo Nursing Journal (BNJ), 4(1), 31-47.
Putra, A. Y., Yudiemawati, A., & Maemunah, N. (2018). Pengaruh Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler Di Paud Asparaga Malang. Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(1), 563-571.
Safitri, Y. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148-155. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.35.
Setianingrum, S., Desmawati, L., & Yusuf, A. (2017). Peranan Kader Bina Keluarga Balita dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Fisik Motorik Anak Usia Dini. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 137-145. https://doi.org/10.15294/pls.v1i2.13891
Sukmawati, B. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Bicara Anak Usia 3 Tahun Di Tk Buah Hati Kita, SPEED: Journal of Special Edition, 3(1), 51-60.
Suminar, R. (2016). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Perawat Dengan Tindakan Pencegahan Infeksi Di Ruang Icu Rumah Sakit. Jurnal Riset Hesti Medan, 1(1), 1–10.