Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Prasekolah
Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, Perilaku SosialAbstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak usia prasekolah. Jenis penelitian adalah korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini sejumlah 40 responden, besar sampel sejumlah 36 responden dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Spearman Rank dengan < ? = 0,05. Hasil penelitian ini diketahui bahwa perilaku sosial anak kategori cukup (66,6%) dengan pola asuh orang tua (50,0%). Hasil analisa Spearmen Rank didapatkan nilai p-value = 0,000 < ? = 0,05, bermakna ada hubungan pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak. Dengan keeratan hubungan 0,591 yang dikategorikan sedang. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak. Pola asuh yang baik kepada anaknya seperti mengajarkan, mendidik, memberikan pengetahuan atau informasi yang baik pada anak sehingga anak dapat berperilaku sosial yang baik di dalam keluarga dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pola asuh orang tua untuk selalu mempertahankan cinta dan kasih sayangnya dalam perkembangan perilaku sosial yang dimiliki oleh anak-anak.References
Ahsan., Susmarini, D., Adisantika., dan Anitasari, A. (2016). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua (Ibu) yang Bekerja Dengan. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1), 30-40.
Dewi, A., Mayasarokh, M., Gustiana, E. (2020) Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 181-190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233.
Hamzah, N. (2015). Pengembangan Sosial Anak Usia Dini - Google Buku. IAIN Pontianak Press [Preprint].
Hidayah, B.N. (2017) Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di Dukuh Branglor Mancasan Baki Sukoharjo Tahun 2017. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan. in Psikologi Perkembangan.
Kharmina, N. (2021). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909-922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627.
Larasani, N., Yeni, I. and Mayar, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2368–2374.
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206.
Simanjuntak, I. A. (2021). Faktor-Faktor Pengaruh Pola Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(4), 153-160. https://doi.org/10.58737/jpled.v1i4.22.
Sofiani, I. K., Mufika, T., and Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766-777. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300.
Surahman, B. (2021). Korelasi Pola Asuh Attachment Parenting terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. CV. Zigie Utama.
Tsani, I. L., Herawati, N. I., & Istianti, T. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1-12. https://doi.org/10.17509/cd.v7i2.10529.
Wartini, S. and Riyanti, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh terhadap Perkembangan Karakter Sosial Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 21-27. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p21-27.