Pengaruh Media Video Animasi terhadap Pengetahuan Siswa tentang Kebersihan Gigi dan Mulut di Sekolah Dasar Negeri
Keywords:
Video Animasi, Kebersihan Gigi dan Mulut, PengetahuanAbstract
Video animasi merupakan media yang menggabungkan media audio dan media visual untuk menarik perhatian dan menyajikan objek secara detail dan dapat membantu memahami suatu materi. Tujuan ini untuk mengetahui pengaruh media video animasi tentang kebersihan gigi dan mulut terhadap pengetahuan siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest Posttest Design. Jumlah sampel dalam pada penelitian ini 49 responden total sampling. Analisa bivariat menggunakan paired sample t –test. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah media video animasi. Skor rata-rata pretest pada pengetahuan tentang Kebersihan gigi dan Mulut 8.67 sedangkan posttest skor rata-rata pengetahuan 13,14 dengan nilai p value pengetahuan 0,0000, pengaruh dengan nilai thitung 0,038 < 1,67793 artinya H0 diterima dan H1 ditolak dan P-value yaitu 0,970 > 0,05 yang artinya H0 diterima dan H1 ditolak yang artinya tidak ada pengaruh media video animasi terhadap pengetahuan kebersihan gigi dan mulut, tidak adanya pengaruh media video terhadap pengetahuan siswa kemungkinan dikarenakan siswa pernah melihat atau mendengarkan edukasi tentang gigi dan mulut di media-media, baik elektronik maupun cetak. Simpulan dalam penelitian ini adalah tidak ada pengaruh media video animasi tentang kebersihan gigi dan mulut terhadap pengetahuan siswa Sekolah Dasar Negeri Getas 03.References
Sihsinarmiyati, A., Simbolon, D., dan Lestari, W. (2021). Pengaruh Video Animasi terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak Sekolah Dasaer tentang Obesitas. Jurnal Penelitian Terapan Kesehatan, 8(1), 1-6.
Damanik, D. H. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dengan Status Kesehatan Gigi Pada Pasien di Poli Gigi RSUD Kota Tanjungbalai. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(2), 19–26.
DINKES. (2019). Jawa Tengah September 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
Edyati, L. (2015). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan dengan Media Video terhadap Pengatuan dan Sikap Personal Hygiene Siswa SD Negeri 1 Kepek Pengasih Kulon Progo. Skripsi. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Hanif, F., & Prasko, P. (20180. Perbedaan Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Video dan Boneka Tangan terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 5(2), 1-6.
Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Ke-efektifan Penggunaan Media Video dalam Ke-terampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xll IPA SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 123– 130.
Kholishah, Z., Isnaeni, Y., & Suratini. 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Video Animasi terhadap Praktek Gosok Gigi pada Anak Kelas IV dan V di SDN 1 Bendungan Temanggung. Skripsi.Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Marliani, L. A., Purwaningsih, E., Larasati, R., Kesehatan, J., Kesehatan, G. P., & Surabaya, K. (2022). Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kebersihan Gigi dan Mulut Selama Kehamilan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG), 3(1), 13-27
Nugraheni, H., Sadimin, S., & Sukini, S. (2019). Determinan Perilaku Pencegahan Karies Gigi Siswa Sekolah Dasar di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Gigi, 6(1), 26-34.
Pariati, P., & Jumriani, J. (2021). Gambaran Pengetahuan Kesehatan Gigi dengan Penyuluhan Metode Storytelling Pada Siswa Kelas III dan IV SD Inpres Mangasa Gowa. Media Kesehatan Gigi ,19(2), 7–13.
Putri, V. S., & Maimaznah, M. (2021). Efektifitas Gosok Gigi Massal dan Pendidikan Kesehatan Gigi Mulut pada AnaK Usia 7-11 Tahun di SDN 174 Kel. Murni Kota Jambi. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 3(1), 63-71.
Sadimin, S., Prasko, P., Sariyem, S., & Sukini, S. (2021). Pendidikan Kesehatan Gigi Terhadap Pengetahuan tentang PHBS Cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut di Panti Asuhan Tarbiyatul Hasanah Gedawang, Banyumanik, Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Gigi, 8(1), 1-5
Suseno, M. R., Fitri Hamidiyanti, B. Y., & Ayu Ningsih, W. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video dan Alat Peraga Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Pada Masa Menstruasi dalam Layanan Homecare. Jurnal Kebidanan, 10(2), 59–69.
Sustiyono, A. (2021). Perbedaan Efektifitas Metode Ceramah dan Media Video dalam Meningkatkan Pengetahuan Pembelajaran Praktikum Keperawatan. Faletehan Health Journal, 8(02), 71–76.
Wildana, F. (2020). Kajian Promosi Kesehatan Berupa Permainan Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak. Jurnal Kedokteran Gigi, 1–12.
Yunitasari, S., Sabilillah, M. F., Kesehatan, J., Poltekkes, G., & Tasikmalaya, K. (2022). Pengaruh Animed Video (AVI) and Bulk Toothbrush (BOOTH) Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Kesehatan Gigi pada Siswa Kelas 4. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi, 3(2), 332-339.