Pendidikan Kesehatan Gizi pada Ibu Hamil di Desa Banjarsari Kecamatan Nglames Kabupaten Madiun

https://doi.org/10.47575/apma.v1i1.226

Authors

  • Asasih Villasari Prodi D3 Kebidanan Stikes Bhakti husada Mulia Madiun
  • Heni Eka Puji Lestari Prodi D3 Kebidanan Stikes Bhakti husada Mulia Madiun
  • Pipid Ari Wibowo Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Stikes Bhakti husada Mulia Madiun

Abstract

Status gizi masyarakat yang baik merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunan kesehatan dan tidak terpisahkan dari pembangunan nasional secara keseluruhan. Gizi seimbang ibu hamil adalah keadaan keseimbangan antara gizi yang diperlukan oleh ibu hamil untuk kesehatan ibu dan pertumbuhan dan perkembangan janinnya yang dapat dipenuhi oleh asupan gizi dari aneka ragam makanan. Apabila Ibu hamil diberikan pendidikan mengenai gizi yang baik untuk meningkatkan asupan makanannya serta memperbaiki pola makannya, tidak hanya masalah anemia defisiensi besi saja yang teratasi namun resiko kurang energi kronis juga akan menurun dan nantinya prevalensi kematian ibu dan lahirnya BBLR akan menurun, dengan demikian, kualitas sumber daya manusia akan meningkat. Dengan adanya antusiasme warga yang sangat bersemangat  saat pelaksanaan penyuluhan, pendidikan kesehatan  diharapkan bisa meningkatkan wawasan dan pemahamannya tentang pentingnya gizi yang baik bagi ibu hamil di Banjarsari Kec. Nglames Kab Madiun.

References

Depkes RI. Direktorat Pembinaan Kesehatan Masyarakat. 2017. Pedoman Penanggulangan Ibu Hamil Kekurangan Enargi Kronis. Jakarta.

Ummu Jabie.2017. Gizi Tepat saat hamil.

Zulhaida, Lubis. 2013. Status Gizi Ibu Hamil Serta Pengaruhnya Terhadap Bayi Yang Dilahirkan.

http://bidanku.com/index.php?/gizi-dan-nutrisi-ibu-hamil

Published

2021-09-01

How to Cite

Villasari, A., Lestari, H. E. P., & Wibowo, P. A. (2021). Pendidikan Kesehatan Gizi pada Ibu Hamil di Desa Banjarsari Kecamatan Nglames Kabupaten Madiun. APMa Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 7–9. https://doi.org/10.47575/apma.v1i1.226

Issue

Section

Articles