PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG CUCI TANGAN PAKAI SABUN DENGAN METODE CERMAH DAN DEMONSTRASI TERHADAP PENGETAHUAN MENCUCI TANGAN PADA SISWA DI SDN SEGULUNG 02 DAN SDN SEGULUNG 05 DESA SEGULUNG KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN
Abstract
Cuci tangan merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung maupun kontak tidak langsung. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan demonstrasi terhadap pengatahuan mencuci tangan pada siswa SDN Segulung 02 dan SDN Segulung 05.
Metode penelitian pra-eksperimen dengan rancangan static-group comparsion design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV dan V SDN Segulung 02 sebanyak 22 dan siswa SDN Segulung 05 sebanyak 20 siswa. Jumlah sampel 32 responden, 16 responden dari SDN Segulung 02 sebagai kelompok intervensi dan 16 siswa dari SDN Segulung 05 sebagai kelompok kontrol. Teknik sampling dengan simple random sampling. Analisa data menggunakan uji Independent t test.
Hasil penelitian pengetahuan siswa sebelum diberikan intervensi berada pada 66,56 dengan kategori cukup. Setelah diberi intervensi mengalami peningkatan yaitu 97,19 dengan kategori sangat baik. Pada kelompok kontrol pengetahuan siswa yaitu 84,06 dengan kategori sangat baik. Maka hasil penelitian ini adalah ada perbedaan pengatahuan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan hasil kemaknaanÂ Ï = 0,000 < α = 0,05.
Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang cuci tangan pakai sabun dengan metode ceramah dan demonstrasi terhadap pengetahuan siswa. Diharapkan Pendidikan kesehatan cuci tangan dengan metode ceramah dan demonstrasi dapat di terapkan karena lebih efektif.
Â
Â
Kata kunci : pendidikan kesehatan, cuci tangan, pengetahuan