SIKAP LANSIA DAN PELAYANAN PETUGAS KESEHATAN TERHADAP KUNJUNGAN DI POSYANDU WILAYAH PKM PATIHAN

Authors

  • Asrina Pitayanti

Abstract

ABSTRAK

 

Pelayanan pada lansia untuk meningkatkan derajad kesehatan dan mutu kehidupan lansia mencapai masa tua bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya. Pemanfaatan posyandu lansia di wilayah Kota Madiun terdapat 125 fasilitas kesehatan yang aktif khususnya posyandu lansia yang tersebar di wilayah Kota Madiun. Target dari pelayanan posyandu lansia adalah 70% dari jumlah sasaran posyandu lansia (Renstra Kemenkes RI, 2014). Sedangkan di Kota Madiun target upaya kesehatan lansia sekitar 55%. Hal tersebut menunjukan bahwa kunjungan lansia masih kurang dari target pencapaian cakupan pelayanan kesehatan lansia yaitu 70%. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor utama terhadap kunjungan lansia di posyandu Wilayah Kerja Puskemas Patihan Kota Madiun

Desain penelitian ini analitik menggunakan pendekatan cross sectional, Populasi dalam penelitian ini adalah anggota lansia yang terdaftar di posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Patihan adalah sebesar 235. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Proportional Random Sampling.  Analis uji statistic menggunakan regresi logistic.

Hasil penelitian Lansia sebagian besar memiliki sikap negatif dengan kunjungan tidak rutin 21 orang (67,7%) dan sebagian lagi dengan kunjungan rutin ada 10 orang (32,3%). Serta hasil penelitian Lansia sebagian besar menilai pelayanan petugas tidak baik dengan kunjungan tidak rutin 33 orang (82,5%) dan kunjungan rutin ada 7 orang (17,5%). Hasil uji statistik diketahui nilai (0,000), p <0,05 artinya pelayanan petugas merupakan faktor yang berhubungan kunjungan lansia di Posyandu.  Diharapkan action nyata perilaku lansia untuk memanfaatkan posyandu sebagai tempat pelayanan kesehatan yang digerakkan oleh masyarakat dan juga perlu didukung oleh faktor penguat yaitu petugas kesehatan atau kader dan keluarga. 

Kata kunci: Sikap Lansia, pelayanan Petugas, kunjungan Posyandu

Published

2017-08-05