PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TENTANG BULLYING TERHADAP PENGETAHUAN BULLYING PADA REMAJA
Abstract
Perilaku bullying yang dilakukan antar teman dari hal yang terkceil berupa mencuri kotak pensil, mengejek-ejek teman hingga memukul bagian kepala temannya, mencubit bahkan samapi ada salah satu dari siswa yang mengangkat meja setinggi tingginya karena marah akan perbuatan teman sebayanya yang menjadi korban bullying. Peneliti ingin mengetahui adanya pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Video Tentang Bullying Terhadap Pengetahuan Bullying Pada Remaja di SMK PGRI 1 Ngawi. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan desain one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah 250 responden. Hasil pembagian sampel dengan rumus Slovin diperoleh nilai pembulatan sebesar 71 responden. Pendidikan kesehatan melalui media video di SMK PGRI 1 Ngawi, untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa tentang bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual tentang bullying efektiv (p=0,000) terhadap tingkat pengetahuan dan sikap antar kelompok, namun tidak efektiv untuk antar perlakuan. Hasil uji stastistik menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai p=(0,000) maka lebih kecil atau tidak lebih dari α=0,05 yang berarti H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh pendidikan kesehatan melalui media video Tentang Bullying pada siswi kelas X di SMK PGRI 1 Ngawi. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti mnyimpulkan Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media video Menggunakan peninkatan pengetahuan Tentang bullying pada siswi kelas X di SMK PGRI 1 Ngawi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai suatu metode dalam memberikan pendidikan berkaitan dengan bullying Menggunakan media video terhadap pengetahuan siswa kelas X di SMK PGRI 1 Ngawi.