EFEKTIVITAS PELAYANAN PETUGAS REKAM MEDIS DI RSUD Dr. HARJONO PONOROGO
Abstract
ABSTRAK
Pengelolaanrekammedis di rumahsakitadalahuntukmenunjangtercapainyatertibadministrasidalamrangkaupayamencapaitujuanrumahsakit, yaitupeningkatanmutupelayanankesehatan di rumahsakitmelaluipeningkatanefektivitaspelayananpetugas. Tujuanpenelitianiniadalahntuk memperoleh gambaran tentang efektivitaspelayanan, tingkatpengetahuansertakinerjapetugasrekammedis, serta untuk mengetahui apakahadapengaruhtingkatpengetahuandankinerjapetugasrekammedisterhadapefektivitaspelayananPopulasipenelitianadalahseluruhpetugasrekammedisdanMahasiswa yang melakukanpraktik di RumahSakit Dr. Harjono S Ponorogo, penarikansampelmelalui purposive sampling sehinggadidapatkan 22 responden.
Metodepenelitian yang digunakanadalahmetodedeskriftifdenganpendekatan surveyuntukmengetahuiadanyanpengaruhvariabel independent terhadap dependent, mengujihipotesis. Berdasarkananalisis data melaluiujikoefisiendeterminasipada program SPSSdiketahuibahwapengetahuandankinerjapetugasrekammedismempunyaipengaruhterhadapefektivitaspelayanansebesar69.6%. Sedangsisanyasebesar 30.4% dipengaruhiolehfaktor lain yang tidakditeliti. Melaluiujikoefisienregresi(uji t) diketahuibahwavariabelkinerjamempunyaipengaruhterhadapefektivitaspelayanandimanadiperolehnilaisignifikasi 0.000 < 0.05 sedangkanpadavariabelpengetahuantidakmempengaruhiefektivtaspelayanankarenanilaisignifikasi yang diperolehsebesar 0.489 > 0.05.
Dari tabel Coefficient diperolehpersamaan Model Regresi: Y;Â 0,537Â + 0,101X1Â + 0,837X2 menunjukkanhubunganpositif,dimanajikapengetahuan,kinerjapetugasmeningkatmakaefektivitaspelayananjugaakanmeningkat.
Â
Kata kunci:EfektivitasPelayanan, Tingkat Pengetahuan, Kinerja, PetugasRekamMedis, RumahSakit