TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP FASILITAS INSTALASI RAWAT INAP RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG
Keywords:
Kepuasan, fasilitas, instalasi rawat inapAbstract
Latar Belakang, Kepuasan pasien adalah indikator pertama dari rumah sakit dan ukuran mutu pelayanan. Kepuasan pasien yang rendah berdampak terhadap jumlah kunjungan di rumah sakit, sedangkan fasilitas yang diberikan oleh pihak rumah sakit terhadap pasien juga akan berdampak terhadap kepuasan pasien, dimana kebutuhan pasien dari waktu ke waktu akan meningkat. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada bulan Desember 2019 di RS PKU Muhammadiyah Gombong, menunjukkan dari 5 orang pasien rawat inap, 2 orang menyatakan tidak puas dan 3 orang menyatakan puas terhadap fasilitas yang telah disediakan oleh rumah sakit.
Tujuan, Mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap fasilitas instalasi rawat inap RS PKU Muhammadiyah Gombong.
Metode, Penelitian ini menggunakan desain dekriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel berjumlah 93 responden.
Hasil, Responden puas terhadap fasilitas instalasi rawat inap (95.7%). Responden puas terhadap kelengkapan fasilitas instalasi rawat inap (96.8%). Responden puas terhadap fasilitas penunjang pelayanan instalasi rawat inap (95.7%). Responden puas terhadap kebersihan fasilitas instalasi rawat inap (96.8%).
Kesimpulan, Responden puas terhadap fasilitas instalasi rawat inap (95,7%).
References
DAFTAR PUSTAKA
Afriadi, Y. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Apriyani, R.A. & Yanti, L. 2018. Analisis Kuantitatif Tata Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam Guna Mencapai Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Dustira tk.ii Kota Cimahi. Politeknik Piksi Ganesha.
Ehsan, M.M. et, al. (2012). Impact of Brand Image, Service Qualty and Price on Customer Satisfaction. International Journal of Business and Social Science, Vol. 3, No. 5.
Harfika, J. & Abdullah, N. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha).
Irawan. (2012). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Junaidi. 2013. Indikator Pemanfaatan Fasilitas.
Kemenkes RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Persyaratan Teknis Bangunan Dan Prasarana Rumah Sakit. Jakarta : Kementrian Kesehatan RI.
Kemenkes RI. (2016). Standar Minimal Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Kotler, Philip & Keller. (2016). Marketing Management 15th edition. United States: Pearson Education.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Notoadmojo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nursalam. (2011). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.
Raheem Et, al. (2014). Patients’ Satisfaction and Quality Health Services: An Investigation from Private Hospitals of Karachi, Pakistan, Department of Business Administration& Commerce, Indus University, Karachi, Pakistan. Institute of Business Administration, Sindh University, Jamshoro, Pakistan, Vol. 3(7), 34-38.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen Cetakan Ke-3. Bandung: CV. Alfabeta.
Sulastiyono, A. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung : Alfabeta.
Surasdiman, Gunawan, & Kadir. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Batu-Batu Kabupaten Soppeng. Yume: Journal of Management.
Tjiptono, F. (2011). Prinsi-Prinsip Total Quality Service (TQS). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. (2012). Service Manajemen, Mewujudkan Layann Prima.Yogyakarta: Andi Offset.
Triwibowo, C. (2012). Perizinan dan Akreditasi Rumah Sakit, Sebuah Kajian Hukum Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Wahyuningrum, Puji. (2011). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ungaran.Under Graduates Thesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang (Unnes).
Yanti, Nur. (2013). Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Fasilitas Dan Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rsud Andi Djemma Masamba Kabupaten Luwu Utara. Universitas Islam Negri Alauddin Makassar.