PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK KIRANA SEPANJANG SIDOARJO
Abstract
Kualitas pelayanan yang baik akan meningkatkan rasa kepuasan pasien. Rendahnya kunjungan rumah sakit menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan yang kurang baik. Rumah Sakit Kirana Sepanjang jumlah kunjungan pasiennya menurun, yaitu 84.539 pada 2015, 36.619 pada 2016, dan 31.897 pada 2017. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh kualitas kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan Rumah Sakit Ibu dan Anak Kirana Sepanjang Sidoarjo.
Penelitian Analitik, dengan desain penelitian Cross Sectional, Sampel 67 pasien. Teknik accidental sampling. Uji korelasi rank spearman.
Hasil penelitian diperoleh 51 (76,1%) pasien menilai kualitas pelayanan baik, 11 (16,4%) pasien menilai kualitas pelayanan sedang, 5 (7,5%) pasien menilai kualitas pelayanan buruk, 51 (76,1%) pasien merasa puas, 10 (14,9%) pasien merasa cukup puas, dan 6 (9%) pasien merasa tidak puas.
Nilai p value = 0,000 < α = 0,05, Ho ditolak dan H1 diterima maka ada pengaruh kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSIA Kirana Sepanjang
Kualitas pelayanan yang baik akan meningkatkan rasa kepuasan pasien. Rendahnya kunjungan rumah sakit menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan yang kurang baik. Rumah Sakit Kirana Sepanjang jumlah kunjungan pasiennya menurun, yaitu 84.539 pada 2015, 36.619 pada 2016, dan 31.897 pada 2017. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh kualitas kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan Rumah Sakit Ibu dan Anak Kirana Sepanjang Sidoarjo.
Penelitian Analitik, dengan desain penelitian Cross Sectional, Sampel 67 pasien. Teknik accidental sampling. Uji korelasi rank spearman.
Hasil penelitian diperoleh 51 (76,1%) pasien menilai kualitas pelayanan baik, 11 (16,4%) pasien menilai kualitas pelayanan sedang, 5 (7,5%) pasien menilai kualitas pelayanan buruk, 51 (76,1%) pasien merasa puas, 10 (14,9%) pasien merasa cukup puas, dan 6 (9%) pasien merasa tidak puas.
Nilai p value = 0,000 < α = 0,05, Ho ditolak dan H1 diterima maka ada pengaruh kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSIA Kirana Sepanjang
References
Achmad Tavip Junaedi. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keadilan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Tesis Ilmu Manajemen FPEB Universitas Brawijaya Malang.
Adisasmito, W. 2009. Sistem Manajemen Lingkungan Rumah Sakit. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Apriyanto, R. H., Kuntjoro, T., & Lazuardi, L. 2013. Implementasi Kebijakan Subsidi Pelayanan Kesehatan Dasar Terhadap Kualitas Pelayanan Puskesmas di Kota Singkawang. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. Retriewed from http://www.jurnal.ugm.ac.id/index.php/jkki/article/viewFile/3202/2811. [Diakses pada tanggal 10 April 2018].
Azwar, A. Pengantar Administrasi Kesehatan. Tangerang: Binarupa Aksara.
Azwar, S. 2011. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dayasiri, M.B.K. & Lekamge, E.L. 2010. Predictors of patient satisfaction with quality of health care in Asian hospitals. Australasian Medical Journal.
Fisher dan Anderson. 2009. Konsep Rumah Sakit. Jakarta: EGC.
Hartono, Bambang. 2010. Manajemen Pemasaran Untuk Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryanti. 2010. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Universitas Airlangga
Hutapea, Tahan P. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan (Demand) Masyarakat Terhadap Pemilihan Kelas Perawatan Pada Rumah Sakit. Melalui: http://www.jmpkonline.net/images/jurnal/2009/Vol_12_No_2_2009/08_p_tahan%20p%20hutapea.pdf. Jurnal Volume 12 Hal. 94-101 [diakses pada 1 April 2018]
Indarjati, A. 2011. Kepuasan Konsumen. Pranata No. 1 Th IV. Hal 70-75
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kristanto, L.,P. 2011. Psikologi Pemasaran. Yogyakarta: CAPS
Mamik. 2010. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Surabaya: Prins Media.
Mardeen Atkins, dkk. 2011. Variabel Pemasaran Pelayanan Kesehatan. Bandung: Cempaka Putih
Moenir, A. S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Munijaya, Gde AA. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Muzaham. F. 2014. Memperkenalkan Sosiologi Kesehatan. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nurhayati Martina. 2016. Peran Tenaga Medis Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Pembantu Linggang Amer Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. Retrieved from http://ejournal.an.fisipunmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2016/02/Isi%20Jurnal%20(02-17-1612-35-21).pdf. [Diakses 28 Mei 2018]
Nurhasyimad. 2010. Bab 2 Tinjauan Pustaka 2.1 Pengertian Pelayanan. http://www.damandiri.or.id/file/nurhasyimadunairbab2.pdf. [Diakses pada tanggal 10 April 2018].
Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Pangestu, A. 2013. Gambaran Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Rawat Jalan di RSU Kota Tangerang Selatan. (Skripsi). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang persyaratan teknis bangunan dan prasarana rumah sakit.
Pohan. I. S. 2012. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Rebhan. D. 2009. Health Care Utilization: Understanding and apllying theories and models of health care seeking behavior. (Online) www.cwru.edu/med/epidbio/mphp439/healthcareutil.pdf. [Diakses pada tanggal 11 April 2018].
Ririn dan Mastuti. 2011. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 1. Bogor: Ghalia Indonesia.
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rijadi Suprijanto. 2010. Manajemen Pada Rawat Jalan dan Unit Gawat Darurat Kajian Administrasi Rumah Sakit. (Online) http://www.scrib.com/doc/231082363/Pedoman-Rawat-Jalan-IGD-pdf [Diakses pada tanggal 11 April 2018]
Rizki, A. 2011. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Jamkesmas di Instalasi Rawat Inap RSUD dr. Rasidin Kota Padang. http://repository.unand.ac.id/16885/ [Diakses tanggal 11 April 2018].
Sedarmayanti. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refka Aditama.
Siswanto, Susila, Suyanto. 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan dan Kedokteran. Yogyakarta: Bursa Ilmu.
Sondakh, Jenny J.S. dkk. 2013. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk mengenali Konsumen). Jakarta: PT Buku Seru.
Syaer. S. 2010. Gambaran Karakteristik Masyarakat Dalam Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Teppo Kecamatan Patampanua Kab. Pingran. (online) www.scrib.com/doc/62697640/Daftar-Pustaka [Diakses pada tanggal 11 April 2018].
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan.
Wijaya Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks.
Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonesia.